Artikel Populer

Pelepasan Tim Relawan Pemuda PUI Peduli Kemanusiaan ke Pidie Jaya Aceh

Pelepasan Tim Relawan Pemuda PUI Peduli Kemanusiaan ke Pidie Jaya Aceh

PUIPUSAT.ORG, JAKARTA – Lembaga kemanusiaan Pemuda PUI Peduli Kemanusiaan (P3K) mengirim 1 tim relawan ke Pidie Jaya, Aceh. Acara pelepasannya berlangsung di Madrasah Aliyah AL-Islamiyah PUI, Jakarta, Ahad (18/12/2016).

Pelepasan relawan P3K ini disaksikan puluhan peserta Kegiatan Rutin Bulanan Alumni Berbagi di MA Al-Islamiyah PUI pada pukul 10.00 WIB. Dihadiri oleh Ketua Umum PP Pemuda PUI, Raizal Arifin dan Ketua P3K, Asep Kurniawan. Hadir pula Ketua Ikatan Alumni MA Al-Islamiyah PUI, Ahmad Falah.

Secara seremonial, pelepasannya ditandai dengan pembukaan tirai spanduk yang didirikan di depan jamaah. Spanduk itu bertuliskan “Posko Pemuda PUI Peduli Kemanusiaan, Ekspedisi Awan Peduli Gempa Aceh.” Acara dirangkai dengan doa bersama untuk keselamatan tim relawan selama di lokasi bencana yang dipimpin oleh Ustadz Asep Indrawan dari atas podium.

Ketua P3K Asep Kurniawan mengatakan nantinya spanduk itu akan dipasang di posko P3K pada lokasi bencana, dan momentum pelepasan tim relawan ini memiliki makna konsolidasi unsur P3K dan penyemangat bagi tim relawan yang akan berangkat.

"Tim ini akan menyalurkan donasi para donatur dan memberikan Trauma Healing bagi para pengungsi bencana gempa Aceh. Kami akan fokus pada Trauma Healing mengingat pentingnya penyembuhan trauma pada 6 bulan pertama setelah bencana," ungkap Asep Kurniawan.

Seperti diketahui, Trauma healing adalah proses penyembuhan yang dilakukan untuk membantu orang lain mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami yang diakibatkan syok atau trauma. 

Ketua Umum PP Pemuda PUI Raizal Arifin mengatakan dalam sambutannya bahwa usaha yang sedang dilakukan P3K merupakan salah satu fokus kegiatan Pemuda PUI dalam bidang kemanusiaan dan social care.

"Kami berharap melalui P3K, Pemuda PUI dapat memberikan kontribusi bagi kemanusiaan secara umum dan khususnya membantu korban bencana Gempa Aceh. Kami akan terus memberikan bantuan yang kami bisa, seperti pada bencana-bencana sebelumnya pada Longsor Garut, Subang dan banjir bandang Sukabumi, semua elemen dari Brigade Intisab, P3k, tim relawan pengurus daerah bahkan himpunan mahasiswa dan himpunan pelajar ikut membantu," ungkap Raizal Arifin.

Pengamatan puipusat.org, pelepasan relawan ini sarat suasana haru. Berkali-kali peserta acara memekikkan takbir menyambut orasi demi orasi para pembicara yang menceritakan keadaan korban bencana gempa Aceh yang telah menewaskan 103 orang, 700 orang terluka, 16.000 rumah rusak dan 85.000 orang mengungsi dari tempat tinggalnya.

Selepas acara, para jamaah memberikan pelukan hangat kepada para relawan yang hadir dengan seragam rompi coklat. Tampak sebagian jamaah ber-cipika-cipiki dengan para relawan. Bahkan, sebagian tak mampu menahan air mata mereka, termasuk dari kalangan muslimah. (ag)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kategori